Copyright © Workland!
Design by Dzignine
Wednesday 12 March 2014

Ketahanan Ekonomi Nasional dan Perdagangan Bebas

Ketahanan ekonomi nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun dari luar, membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup perekonomian dan stabilitas ekonomi nasional dengan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 , dan juga segala sesuatu yang berkaitan dengan upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup, yang meliputi pangan, sandang, lapangan kerja serta meliputi kegiatan produksi barang dan jasa juga mendistribusikan kepada konsumen.
Penandatanganan perdagangan bebas atau pasar bebas akan mematikan industri nasional maupun lokal. Sehingga menyebabkan melonjaknya pengangguran, yang berakibat terkoyaknya ketahanan nasional bangsa, meruntuhkan ketahanan nasional secara sistemik, menjadikan negara lain ‘menjajah’ NKRI dalam bentuk baru, yaitu ‘economic-warfare’. Perdagangan bebas tidaklah membawa kesejahteraan terutama bagi negara berkembang, juga tidak menjamin distribusi pendapatan di antara negara dunia. Tetap saja perekonomian membela kalangan yang lebih tinggi, yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Kemudian akan berujung pada melemahnya ketahanan nasional di bidang ekonomi.

Dalam mengatasi pengaruh pasar bebas pada Ketahanan Ekonomi Nasional pemerintah harus menciptakan kebijakan-kebijakan dan regulasi yang kreatif, yang mendukung dan memberi kemudahan bagi para pengusaha dalam menjalankan usahanya, juga peningkatan produktivitas untuk melahirkan efisiensi ekonomi dalam negeri. Kemudian perlunya perbaikan dan kesiapan mengenai ketahanan pangan, ketahanan energi, ketahanan industri, current account, meningkatkan SDM, pemerataan pembangunan, integrasi usaha besar dan UKM, linkage dengan financing, serta penyediaan sarana dan prasarana dan infastuktur penunjang kegiatan industri. Dengan demikian diharapkan mampu memelihara stabilitas ekomomi melalui dan menghasilkan kemandirian perekonomian nasional dengan daya saing yang tinggi. Sehingga ketahanan ekonomi nasional tetap kuat. Arus investasi pun diharapkan meningkat pesat serta bisa memperkuat ketahanan ekonomi Indonesia. 
Author: @rizkigaluhway

3 comments:

  1. Terimakasih, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  2. terbukti nih sekarang dah 2018, walau masih ja demo disana sini karena jaman terus berubah,

    ReplyDelete

Thanks for your comment